Iringi Sedekah dengan Doa

 

Kekuatan sedekah ternyata mempunyai banyak manfaat, karena sedekah itu adalah salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah. Perintah sedekah juga terdapat di dalam Al-qur’an, Allah Subhanahu Wa ta’ala berfirman yang artinya: “Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridhoan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar.” (Qs. An-Nissa: 144)

Ketika kita melakukan sedekah kita dianjurkan untuk menyembunyikan amalan sedekah dan tidak menyakiti perasaan penerima sedekah. Kegiatan ini bermaksud untuk menghindari diri dari sifat ria yang dapat menghapus pahala sedekah. Sebagaimana dalam firman Allah yang tertera dalam Al-Qur’an,

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti perasaan si penerima, seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah.” (Qs. Al-Baqarah: 264)

MasyaAllah ya begitu luar biasa Allah menuliskan rincian detail mengenai sedekah dan apa yang harus kita lakukan. Dan ternyata Allah menjajikan keutamaan yang luar biasa dari ibadah sedekah, sedekah juga ternyat dapat memperkuat iman dan menjadi pelindung dari segala musibah. Jika kita melakukan sedekah dengan niat hanya untuk meraih ridho Allah dan sebagai bentuk syukur kita kepada Allah atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Bahkan Allah akan memberikan ganti yang berkali lipat sebagaimana yang tertera dalam Al-qur’an Surah Al-baqarah: 262“Orang yang mengifakkan harta di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Rabb mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.”

“Barangsiapa meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan mengembalikannya berlipat ganda untuknya, dan baginya pahala yang mulia.” (Qs. Al-Hadid: 11)

“Perumpamaan (infaq yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir mempunyai seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. Al Baqarah: 261).

Baca juga Manfaat berbagi

Ternyata dari sedekah itu memiliki keuntungan yang berlipat-lipat, jadi mau kapan kita menabung untuk bekalan akhirat, jika bukan sekarang? Sedekahlah sekarang, jangan menunggu waktu lapang. Sebab sedekah itu akan mendatangkan banyak sekali kebaikan. Apalagi jika diiringi dengan doa. InsyaAllah… dari doa itu ada harapan yang dikabulkan oleh Allah. Semoga Allah mengabulkan segala doa-doa kita dan memudahkan segala urusan kita di dunia. Jadi, lakukanlah sedekah sembari diiringi dengan doa dan penuh pengharapan. Jangan lupa untuk selalu sedekah setiap hari, agar diri semakin bersyukur atas pemberian Allah. Sedekah itu tidak harus berupa materi, dari senyuman juga kita bisa bersedekah karena menebar kebahagiaan dan sikap positif pada orang lain.

 

Jangan lupa untuk tunaikan sedekahnya di Ayodonasi.id

Comments are closed.