Hikmah Hujan

Ketika hujan turun di pagi seringkali kita mengeluh, bahkan tak jarang juga kita merasa malas untuk melakukan aktivitas di pagi hari. Namun, seharusnya kita sebagai manusia harus mampu mensyukuri nikmat yang datang berupa hujan di pagi hari. Hujan yang turun ini berupa rahmat bagi setiap makhluk.

            Air hujan ini adalah nikmat dari Allah yang begitu besar, karena air adalah sumber kehidupan setiap makhluk di bumi ini. Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air, maka mengapa mereka tidak beriman?” (Qs. Al-Anbiya: 30)

“Sesungguhnya pada penciptaan langitdan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan Allah dari langir berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati (kering), dan DIa tebarkan di dalamnya bermacam-macam binatang, dan perkisaran angina dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, (semua itu) sungguh, merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti.”(Qs. Al-Baqarah: 164)

MasyaAllah… ternyata begitu banyak nikmat yang Allah berikan pada setiap makhluk-Nya yang ada di bumi ini. Untuk itu kita seharusnya mensyukuri setiap rintik hujan yang turun. Sebab dari hujan, Allah menumbuhkan tanam-tana,am, buah-buahan dan berbagai sumber yang mampu memberikan manfaat bagi makhluk di bumi. Bukan hanya itu, hujan ini adalah air suci dan menyucikan.

Bukan hanya itu disaat hujan turun kita dianjurkan untuk beroda, sebab saat turun hujan merupakan salah satu waktu yang mustajab.
Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan bahwa, “Dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam,”

Artinya : “Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan: [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.”

Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim kita sudah tentu dianjurkan untuk memanjatkan doa saat turun hujan sebagai ungkapan syukur dan juga nikmatAisyah RA berkata:

“Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wasallam, saat melihat hujan turun mengucapkan: Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat.” (HR. Bukhari)

 

 

Comments are closed.