Bulan Rajab, Tanda Ramadhan akan segera menyapa

Bulan Rajab, Tanda Ramadhan akan segera menyapa

    Bulan Rajab telah menyapa, tanda bahwa Ramadhan akan segera tiba. Bulan yang selalu kita tunggu kedatangannya. Lalu, sudahkah kita membayar puasa yang tertinggal? Jika belum jangan lupa untuk segera menganti puasa yang sudah kita tinggalkan di tahun lalu. 
Di bulan rajab kita boleh untuk memperbanyak puasa,dan diantara perkara yang Allah pilih, Allah khususkan adalah bulan sya'ban.
Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa lebih banyak pada bulan sya'ban ini sebagaimana telah tsabit jelaskan dari hadits 'Aisyah radhiyallahu 'anha

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha , beliau mengatakan,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

“Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan. ” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan ).

Dari penjelasan diatas sudah jelas ya, memperbanyak berpuasa di bulan ini boleh. Maka, bagi sahabat yang masih mempunyai ganti puasa yang belum diselesaikan. Yuk segera untuk dituntaskan, jadikan bulan rajab ini sebagai bulan persiapan kita menyambut bulan Ramadhan, tentunya jangan lupa untuk terus berbuat kebaikan. Agar Ramadhan tiba nanti, kita sudah siap menyambutnya dengan penuh bahagia.

Comments are closed.