Berbagi Walau Sedikit

Kepedulian Sesama Muslim


Memberi adalah cara seseorang merelakan apa yang dimilikinya untuk seorang yang lebih membutuhkan. Mungkin akan terasa berat, jika kita tidak terbiasa melakukannya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda:
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” [HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadist ini dihasankan oleh Al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no. 3289]


Jika kita hanya melalui hari dengan aktivitas biasa tanpa ada sesuatu yang waw. Mungkin akan terasa hambar, di tengah hiruk pikuk ramainya kehidupan dunia. Kau akan merasakan sebuah kekosongan hati. Maka temukanlah celah agar hatimu merasa tenang. Tentu saja dengan melakukan sebuah kebaikan. Agar ada hikmah yang dapat diambil dan melengkapi separuh kisah kehidupan dengan amat sangat baik.


Pagi kala itu, ada seorang Bapak yang sangat dermawan. Bapak tersebut setiap pagi sering kali menyisihkan uangnya dan memasukan kedalam kotak peduli yang berada di depan asrama GRAY Cabang Kutisari-Surabaya.


Dari kisah tersebut kita seharusnya malu, Bapak tersebut padahal tengah bersusah payah mencari rezeki dengan berjualan krupuk. Mungkin hasilnya pun tidak seberapa, tapi ia tetap mengingat bahwa harta yang ia miliki ada hak orang lain di dalamnya.

Sedangkan kita? Sudahkah kita menanamkan sikap peduli yang amat dalam di dalam hati? 

Kisah ini mungkin tidak akan kita temukan di dalam bangku sekolah. Namun, akan kita dapatkan dari perjalanan kehidupan.
Ingatlah bahwa harta hanyalah amanah yang dititipkan oleh Allah. Seseorang yang beriman mengerti bahwa harta yang bermanfaat adalah harta yang diinfaqkan dijalan Allah, bukan untuk tujuan membanggakan diri, tapi dengan niat tulus ikhlas karena Allah.


Allah Subhanahu Wata’ala berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah  sebagian dari rezeki, yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafaat.”[QS. Al-Baqarah: 254]

Semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba yang senantiasa peduli kepada sesama dan menjadikan kita sebagai orang yang mampu memberikan manfaat bagi manusia yang lain. Aamiin...

Comments are closed.