Bahaya Sifat Malas

Malas adalah sifat buruk yang sangat dibenci oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau selalu berlindung kepada Allah memohon agar terhindar dari sifat malas. Hal ini sebagaiman diriwayatkan oleh imam Bukhari dalam kitab Al-Ummatu Baina Sintain, Al Ibtila Wal ‘Amal Sayyid At-Tanthawi menjelaskan bahwa, ketika kemalasan datang, rasa jenuh menghampiri, manusia akan kesulitan untuk menempuh jalan menuju ridha Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Bahkan sebaliknya, dia akan terjerumus ke jalan setan dan mengikuti tipu dayanya. Jika demikian, ketaatan kepada Allah sulit dijalankan ( Quran Syifa: 200)

Berikut doa agar terhindar rasa malas:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ .وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ اللْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a'uudzu bika minal hammi wal hazani wa a'uudzu bika minal 'ajzi wal kasli wa a'uudzu bika minal jubni walbukhli wa a'uudzu bika min ghalabatid daini wa-qahrir rijaali

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan, dari kelemahan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil. Dari banyak hutang dan ke dzaliman manusia." (HR. Abu Dawud 4/353)

Dengan doa diatas kita memohon kepada Allah agar terhindar dari kesusahan dan kesedihan, sifat lemah dan malas, sifat pengecut dan kikir atau bakhil dan berlindung kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar terhindar dari banyaknya hutang dan paksaan orang lain/kedzoliman manusia.

Abi Said Al-Khudri meriwayatkan bahwa, seorang sahabat bernama Abu Umamah selalu tinggal dimasjid siang malam. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam rupanya senantiasa memperhatikan keadaan Abu Umamah yang sudah sekian lama tinggal di Masjid. Meskipun bukan pada waktu shalat. Pada akhirnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memanggil Abu Umamah, kemudian menanyakan sebab-sebab dia berbuat demikian.

Abu Umamah menerangkan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bahwa dirinnya ditimpa kesedihan dan kesusahan yang menyembabkan dirinya merasa amat gelisah. Jika tinggal dirumah karena terlalu banyak hutang yang tidak bisa di bayar. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepada Abu Umamah: "Aku berikan kepadamu beberapa kalimat, amalkanlah dengan baik setiap hari, maka Allah akan memberikan ke longgaran kepadamu." 

Kemudian Rasulullah shallahu 'alaihi wasallam membaca kalimat-kalimat yang sudah di sebutkan di atas dan Abu Umamah mendengarkannya dengan baik. Abu Umamah membaca dan mengamalkannya siang dan malam dengan penuh keyakinan bahwa Allah akan memberikan kelonggaran kepadanya.

Tidak lama kemudian kedukaan dan kesedihan yang dirasakan oleh Abu Umamah berkurang sedikit-demi sedikit, makin lama semakin berkurang dan akhirnya hilang dan terbuka pada pikirannya jalan untuk mendapatkan usaha yang baik sehingga Abu Umamah bisa melunasi seluruh hutang-hutangnya.

Demikianlah artikel doa yang bisa disampaikan semoga bermanfaat.

Sumber:

Kemenag RI.2018. Quran Syifa. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.

http://www.doaharianislami.com/2019/08/doa-agar-dihindarkan-dari-kesusahan-karena-hutang-dan-malas.html

Comments are closed.