Amalan di Hari Jumat

Hari Jumat adalah hari yang penuh berkah. Banyak sekali amalan yang luar biasa yang dapat kita lakukan.  Mari membiasakan diri untuk memperbanyak amalan di hari Jumat. Mari kita simak penjelasan mengenai amalan-amalan apa saja yang dapat kita lakukan:

1. Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca surat Al-kahfi adalah amalan ringan yang dapat kita lakukan. Namun, ada keutamaan yang luar biasa. Mari simak penjelasan hadistnya, Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

2. Membersihkan diri

Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

"Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat." (HR. Bukhari)

3. Memperbanyak shalawat dan dzikir

Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda: "Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya selawat kalian akan ditampakkan kepadaku" (H.R Abu Daud no. 1047 hadis shahih).

4. Bersedekah

Memperbanyak sedekah di hari Jumat juga termasuk sebagai amalan yang dianjurkan. Sedekah bisa kamu lakukan dalam bentuk uang, makanan, atau hal lainnya. Oleh karena itu, jangan lupa bersedekah agar Allah SWT senantiasa menambahkan rezekimu.

5. Berdoa

Amalan terakhir yang patut dilakukan di hari Jumat adalah berdoa. Ini ditegaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

"Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta" Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut." (HR. Bukhari nomor 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

Comments are closed.