Amalan di 10 bulan Ramadhan

10 Terakhir Ramadhan adalah momen yang dinantikan oleh setiap muslim di dunia, karena di malam-malam ini ada keutamaan yang begitu luar biasa. Yaitu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. MasyaAllah… begitu utamanya mala mini.

Lalu, apa saja yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan malam-malam di sepuluh terakhir bulan ramadhan? Mari kita simak penjelasannya di bawah:

1. Melakukan I’tikad

I’tikaf adalah berhenti (berdiam) di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu dengan niat semata-mata untuk beribadah kepada Allah. Agar kita mampu lebih mendekatkan diri kepada Allah. Lalu, apa saja syarat untuk sahnya saat melakukan I’tikaf, diantaranya: beragama islam, baligh, dilaksanakan di masjid dan tentunya kita harus memiliki niat untuk melakukan I’tikaf.

2. Memperbanyak doa

Kita harus memperbanyak doa di malam-malam terakhir bulan Ramadhan, berdoa di sepertiga malam. Agar kita mampu meningkatkan peluang meraih kemuliaan malam lailatul qadar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam-malam tersebut. Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku, ingin mendapatkan malam lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan?”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’ fu anna.” Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku.” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Albani)

3. Memperbanyak Sedekah

Bersedekah di bulan Ramadhan akan menjadi amalan yang istimewa dan mendatangkan banyak kebaikan dan keberkahan. Dari Anas dikatakan, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama? Rasulullah menjawab, “Sedekah di bulan Ramadhan.” (HR. At-Tirmidzi)

4. Membaca Al-Qur’an

Perbanyak membaca Al-qur’an dengan niat beribadah hanya pada Allah. Ketika kita membaca Al-qur’an, kita bisa mendatangkan pahala yang berlipat ganda di malam-malam terakhir bulan Ramadhan.  Apalagi, jika kita membaca Al-qur’an dengan memahami dan meresapi setiap arti yang terkandung di dalam ayat yang kit abaca. Maka, mari dekatkan diri kita Allah dan perbanyak membaca Al-qur’an.

5. Memperbanyak Taubat

Manusia tak luput dari yang namanya salah dan dosa. Mumpung masih ada waktu untuk bertaubat dan memperbaiki diri, memohon ampun kepada Allah. Apalagi jika kita memohon ampun di malam lailatul qadar yang berkahnya begitu luar biasa. Maka, manfaatkanlah waktu tersebut untuk memohon ampun kepada Allah. Semoga kita semua dapat meraih keutamaan malam lailatul qadar ini. Aamiin

Teruslah berbagi dan menjadi inspirasi kebaikan. Mari ikut berpartisipasi dalam program kebaikan ramadhan melalui ayodonasi.id atau transfer melalui rekening donasi atas nama Yayasan Harapan Robbani ke rekening Mandiri 134-000-5660-922

 

Comments are closed.