3 Kata Ajaib yang Sering Terlupakan

Dalam kehidupan kita, ternyata ada hal yang sering terlewatkan. Padahal dari hal yang terlewatkan itu akan berdampak sangat besar dalam kehidupan kita. Lalu, sudahkah kita membiasakan diri dan menanamkan ucapan yang baik dalam hidup kita? 

Mari untuk membiasakan diri membangun anak-anak yang kita miliki dengan menanamkan budaya yang baik dan juga kata/ucapan yang sopan. Agar di dalam kehidupan bermasyarakat mereka mampu menggunakan bahasa yang baik dan benar. 

Yuk, coba menerapkan 3 kata ajaib ini dan lihat hasilnya apa yang akan terjadi dalam kehidupan kita. 

1. Tolong (Please

Saat ingin meminta bantuan pasti kita akan mengucapkan kata ini. Lalu, apakah orang yang mendengar akan membantu atau malah merasa kesal?  Tentu saja,  dengan senang hati akan menolong. Jika ada orang yang mengucapkan kata tolong,  hati kita pun akan menerima dengan baik dan membantu sebisa mungkin. 

Jadi, jangan lupa tambahkan kata tolong saat ingin meminta bantuan orang lain ya.

 

2. Maaf (Sorry)

Kata maaf sering kali sulit untuk diucapkan. Mengapa?  Karena bagaimana pun, manusia masih memiliki ego dan gengsi yang tinggi untuk mengakui jika ia melakukan kesalahan. Tidak jarang pula, yang bersalah justru yang paling besar aura perdebatannya, semata-mata hanya untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah atau bukan ia yang paling salah.

Padahal saat kita mengucapkan maaf, berarti kita mampu menurunkan ego yang ada di dalam diri kita.  Mengucapkan maaf pun tidak akan merendahkan diri, tapi kita mampu menghargai orang lain. Saat kita mampu meminta maaf,  berarti kita mampu mengakui kesalahan.  Jadilah pemberani untuk mulai membiasakan diri menggunakan kata "maaf" ketika diperlukan.

3. Terima kasih (Thank you

Ucapan terima kasih ternyata mampu memberikan kebahagiaan bagi orang lain loh. Apalagi saat orang tersebut telah membantumu dan membuat hatimu merasa bahagia. Ucapkanlah terima kasih sebagai bentuk penghargaan atas upaya seseorang melakukan kebaikan, sebab penghargaan tidak harus dalam. Bentuk medali, piala, lencana emas ataupun uang. Cukup sederhana, murah dan mudah kita lakukan adalah mengucapkan "terima kasih."

Jadi, jangan lupa untuk selalu mengucapkan 3 kata ajaib ini dalam kehidupan sehari-hari ya. Semoga bermanfaat dan menjadikan diri kita lebih baik lagi dari sebelumnya. 

 

Comments are closed.